Jero Balian Mangku Sumawijaya: Tidak Dapat Dipungkiri Manusia Terkadang Mengalami Sakit Disebabkan Berbagai Faktor Salah Satunya Ilmu Black Magic

  • Bagikan
LCN | BADUNG BALI – Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia terkadang mengalami ketidakseimbangan kondisi tubuh atau sakit yang disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya ilmu black magic atau ilmu leak. Untuk urusan black magic Jero Balian Mangku Sumawijaya sudah biasa menolong orang yang kena serangan ilmu hitam atau ilmu leak, seperti kena bebai, cetik, warung dan toko sepi, rumah tangga hancur karena serangan ilmu leak, sebagai umat beragama kita harus percaya dengan ilmu hitam.
Jero Balian Mangku Sumawijaya kepada LintasCakrawalaNews di kediamannya Sigaran, Mekarbhuana, Abiansemal Badung Bali mengatakan saat ini masyarakat masih memiliki keyakinan yang tinggi terhadap balian usada, hal ini membentuk pandangan masyarakat terhadap balian usada yang memiliki kemampuan serupa dalam hal pengobatan.
“Pandangan masyarakat balian usada yang memiliki kemampuan mengobati didasarkan atas kemampuan, sejak kecil melihat orang tua maupun kakeknya melakukan praktik pengobatan, dirinya yang sudah ditunjuk secara niskala harus menjadi balian usada membantu menyembuhkan orang yang kena ilmu black magic,” jelasnya.
Jero Balian Mangku Sumawijaya menjelaskan, keyakinan seseorang menentukan pengobatan untuk dirinya ketika mengalami sakit yaitu yang didasarkan atas keyakinan tentang kerentanan individu terhadap keadaan sakit, keyakinan terhadap keseriusan atau keganasan suatu penyakit, keyakinan terhadap kemungkinan biaya, dan keyakinan efektivitas tindakan yang dilakukan sehubungan dengan adanya kemungkinan tindakan alternatif.
“Dirinya melihat melalui mata bathin, orang yang akan ditolong mengalami penyakit medis atau non medis, kalau medis diarahkan ke dokter, kalau non medis langsung ditangani,” katanya.
Jero Balian Mangku Sumawijaya menyatakan eksistensi balian usada yang cukup tinggi bagi kehidupan kesehatan masyarakat dipengaruhi peran balian usada dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang terkena ilmu hitam atau ilmu leak. Balian usada dapat dikatakan memiliki peran khas sebagai pengobatan tradisional yang mampu menyembuhkan penyakit kena serangan ilmu hitam yang diderita pasiennya.
“Balian usada tidak hanya fokus sebagai pengobatan tradisional, namun memiliki peran sebagai pemangku,” jelasnya.
Jero Balian Mangku Sumawijaya menjelaskan bahwa mendiagnosa pasien menjadi tugas wajib untuk mengetahui penyakit apa yang diderita oleh pasien, mendiagnosa sebagai pembuka jalan pengobatan dalam menyembuhkan penyakit yang dialami pasien. “Untuk mengetahui penyakit apakah secara sekala atau niskala dengan melihat kondisi pasien, menyentuh bagian tubuh pasien yang dianggap sakit, merasakan getaran tubuh yang dikeluarkan pasien dan memperoleh petunjuk atau pituduh dari alam gaib,” jelasnya.
Jero Balian Mangku Sumawijaya mengetahui penyakit yang diderita pasiennya apakah bersumber secara sekala atau niskala berdasarkan kepada petunjuk alam atau petunjuk niskala, serta berdasarkan pemberitahuan pasien. Selain itu, melihat kondisi bagian tubuh pasien, seperti pada bagian kulit, kuku, mata dan sebagainya.
“Merawat dan mengobati merupakan fase dimana pasien mengalami proses perbaikan dalam diri tubuh yang sakit, dan penyakit yang di derita pasien secara perlahan dapat disembuhkan tentunya seijin Ida Sanghyang Widhi Wasa,” jelasnya.
Jero Balian Mangku Sumawijaya biasa menangani penyakit seperti sakit kepala terkena cetik croncong polo atau acep – acepan, sakit perut kena cetik, lumpuh, gatal – gatal kena upas. “Seijin Ida Sanghyang Widhi Wasa semua penyakit ini dapat diobati dengan menggunakan sarana minyak yang berasal dari olahan berbagai tanaman pohon dan air yang sudah diberi doa atau mantra,” ungkap Jero Balian Mangku Sumawijaya.
Jero Balian Mangku Sumawijaya menyebutkan penyakit yang sering ditangani yakni penyakit panas dan dingin, gatal, ambien, luka akibat terjatuh lama – lama luka tersebut tidak sembuh – sembuh, kena cetik, bebai, pepasangan, warung dan toko buka tetapi pelanggan melihat warung dan toko tersebut tutup.
“Untuk warung dan toko buka tetapu pelanggan melihat warung dan toko tersebut tutup, serta rumah tangga sering cekcok ribut dirinya sudah biasa membantu supaya normal kembali seperti sediakala tentunya seijin Ida Sanghyang Widhi Wasa,” pungkas Jero Balian Mangku Sumawijaya mengakhiri perbincangan dengan LintasCakrawalaNews. ● (Ngakan Udiana)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *