Desa Cikuya Ikuti Ekspose Lomba Desa Tingkat Propinsi Banten 2022

oleh
oleh

LINTASCAKRAWALANEWS.COM, Kabupaten Tangerang | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Provinsi Banten, menggelar expose dalam rangka lomba Desa tingkat Provinsi Banten tahun 2022, bertempat di Aula Gedung DPMPD Pemrov Banten, Rabu (29/6/2022).

Diketahui ada 3 Kabupaten di Provinsi Banten yang ikut pada lomba Desa tingkat Propinsi Banten Tahun 2022, diantaranya adalah Kabupaten Tangerang yang diwakili Desa Cikuya, Kabupaten Serang yang diwakili oleh Desa Sindangheula, dan Kabupaten Pandegelang yang diwakili oleh Desa Bandung

Dalam expose ini terlihat 3 Kabupaten yang ada di Provinsi Banten melalui Kepala Desa masing masing memberikan pemaparan dan memperlihatkan dokumenter perkembangan dan keunggulan Desa.

Sebelum memberikan pemaparan di buka dengan yel yel dari masing masing Desa sehingga membuat suasana menjadi meriah.

Expose evaluasi perkembangan Desa ini dihadiri oleh Tim penilai dari DPRD Propinsi Banten, DPMPD Provinsi Banten melalui Bidang Pemerintahan, Dinas Kesehatan, Bappeda, Tim PKK, Akademisi dan Lini sektoral lainya

Kadis DPMPD Propinsi Banten Drs.Enung Suhaeti, mengatakan untuk tahun 2022 ini ada 3 Kabupaten di Propinsi Banten yang mengikuti Lomba Desa tingkat Propinsi Banten diantara nya, Kabupaten Tangerang yang diwakili oleh Desa Cikuya Kecamatan Solear, Kabupaten Serang diwakili oleh Desa Sindangheula dan Kabupaten Pandegelang diwakili oleh Desa Bandung.

“Mudah-mudahan ketiga Desa tersebut bisa memberikan tampilan yang baik sesuai dengan apa yang telah diberikan oleh tim penilai lomba desa tingkat Propinsi Banten,” ungkap kepala DPMPD Propinsi Banten Drs.Enung Suhaeti.

Lanjut Enung Suhaeti, dengan adanya lomba desa ini salah satu tujuannya adalah untuk memberikan motivasi kepada desa desa yang ada di Propinsi Banten untuk lebih baik lagi dalam membangun wilayah desa.

Menurutnya, dalam membangun desa masyarakat harus ikut berpartisipasi di setiap kegiatan di desa

DPMPD Provinsi Banten memberikan apresiasi yang tinggi kepada desa Cikuya yang telah banyak mengalami kemajuan dari desa berkembang kini menjadi desa yang maju, yang mana indeks nya naik dari segi administrasi banyak mengalami perubahan.

“Pembangunan gencar dilakukan, mudah mudahan dalam penilaian lomba desa tingkat Propinsi Banten ini, desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang bisa menjadi yang terbaik dalam lomba desa tingkat Propinsi Banten tahun 2022′ ujarnya.

Sementara itu, Kadis DPMPD Kabupaten Tangerang H. Dadan Gandana, yang di wakili Sekdis Drs Yudiana, mengatakan, sesuai yang telah dipaparkan oleh kades Cikuya dalam expose bahwa Cikuya mempunyai Destinasi Wisata Tebing Koja dan budidaya Maggot yang diunggulkan, selain itu juga ada BUMDes serta lainnya.

“Semoga desa Cikuya menjadi yang terbaik, akan tetapi semua ini dapat tercapai apabila semua pihak mendukung dan dapat mewujudkan yang terbaik itu,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Camat Solear Saedaman, menyampaikan terkait kondisi desa Cikuya yang telah di paparkan oleh kades Ade Sape’i, itu benar adanya, sebab, sambung Saedaman, karena Kades Cikuya telah berjuang membawa nama baik Kabupaten Tangerang.

“Oleh karena itu saya selaku Camat Solear mengucapkan terima kasih kepada DPMPD Kabupaten Tangerang dan pihak terkait lainya atas kerja sama yang baik dalam rangka memberikan dukungan dan motivasinya.

Kata Saedaman, 2 tahun menjabat sebagai kades Cikuya telah banyak mengalami perubahan salah satu contoh yakni telah membangun kantor desa yang besar dan megah, ini merupakan salah satu kantor desa terbesar di Kabupaten Tangerang.

“Saya meminta kepada dinas dinas yang terkait pada lomba desa ini untuk memberikan saran serta masukan kepada kami bila ada yang salah agar nanti kedepanya kami perbaiki, dengan harapan Desa Cikuya Kecamatan Solear Kabupaten Tangerang bisa menjadi Juara 1 pada lomba desa tingkat Provinsi Banten tahun 2022,” tuturnya.

Kades Cikuya Ade Sape’i mengatakan, hari tim desa Cikuya mengikuti expose untuk memaparkan kajian kajian dan memperlihatkan dokumen perkembangan desa Cikuya.

“Tadi kami memaparkan dan menyampaikan kepada tim penilai tentang keunggulan yang ada di Desa Cikuya, apalagi kategori penilaiannya banyak bidang seperti pendidikan, kesehatan, UMKM, PKK, Pariwisata dan lainnya. Dalam expose tadi juga kami menayangkan dokumenter perkembangan Desa Cikuya,” papar Ade. (Red/Han).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *