Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Tinjau Miniatur Tol Air Solusi Tangani Banjir, Yang Di Gagas Sudirman Indra.

LINTASCAKRAWALANEWS.COM – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, mengunjungi pembangunan miniatur Tol Air di bawah sungai yang di gagas Sudirman Indra di Harapan Sentosa Jalan Raya Cikuya 14 RT 001/01, Tangerang, Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu 15 Januari 2022.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, nampak begitu antusias menyimak pemaparan dari penggagas Tol Air, Sudirman Indra. Menurut Sudirman, bahwa ide pembangunan Tol Air dibawah sungai karena rasa terpanggil untuk memberikan solusi bagi DKI Jakarta yang setiap tahun selalu dipersoalkan dengan banjir.

Dijelaskan Sudirman, salah satu permasalahan banjir di DKI Jakarta bersumber dari kiriman air dari Bogor yang mengalir ke Laut Jawa melewati Jakarta. Ketika air tersebut sampai di Jakarta, timbulah banjir yang biasanya terpusat di kawasan sekitar sungai Ciliwung.

BERITA TERKAIT  Aipda Agus Triyanto Laksanakan Koordinasi dengan Kepsek SD 7 Pahandut Terkait Kesiapan Pelaksanaan Vaksinasi Dosis 2 untuk Anak

Menurut Sudirman, konsep pembangunan Tol Air sederhana saja. Pipa dengan diameter 10M di pasang (ditanam) di bawah sungai disepanjang alur sungai dari Katulampa Bogor hingga laut Jakarta sejauh 50 KM dan tidak diperlukan pembebasan lahan.

Di saat hujan deras dan berdampak banjir, maka secara otomatis katup di pipa Tol Air di hulu akan terbuka dan air masuk kedalam pipa. Air banjir melalui pipa Tol Air ini bergerak lebih cepat dibandingkan dengan aliran diatas permukaan tanah. Dengan demikian, aliran bah diatas permukaan tanah dapat diminimalisir.

BERITA TERKAIT  SKB Tiga Menteri Tetapkan Cuti Bersama Idulfitri 1443 H

Kemudian, kata Sudirman, saat hujan sudah reda katup Tol Air secara otomatis akan tertutup lagi baik yang di hulu maupun di laut Jakarta. Di dalam pipa Tol Air ini tersimpan cadangan air sebanyak 4 juta meter kubik dan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan baku PDAM DKI Jakarta dan kebutuhan lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.